menanam anggrek menggunakan akar kadaka



Bagi para pecinta tanaman anggrek, pemilihan media untuk tanam atau pemindahan ke pot untuk anggrek sangatlah penting. Tentunya kita berusaha untuk merawat serta memperlakukan anggrek klangenan kita dengan sebaik mungkin. Prinsip kehati-hatian sangat diperlukan dalam perawatan anggrek. Di indonesia media tanam anggrek sangatlah beragam. Mulai dari pakis, sabut kelapa, arang dan moss. Kelebihan dan kekurangan pada media tanam tersebut juga berbeda-beda. Tinggal kita harus cermat dalam memilih dan mengaplikasikannya pada tanaman anggrek kita. 

menanam anggrek menggunakan akar kadaka
Tanaman Kadaka


Disini kita akan membahas tentang cara menanam anggrek menggunakan media Akar Kadaka. Apakah itu akar kadaka?? Akar kadaka merupakan akar dari sejenis tanaman epifit paku sarang burung Asplenium yang biasa hidup menempel pada pohon-pohonan di hutan tropis. Sifat dari akar kadaka ini mirip dengan moss yang berasal dari lumut genus sphagnum. Akar kadaka ini sangatlah baik digunakan sebagai media tanam anggrek. 

Berikut ini beberapa kelebihan dari menanam anggrek menggunakan akar kadaka, diantaranya adalah sebagai berikut : 

menanam anggrek menggunakan akar kadaka
Beberapa Jenis Media Tanam Untuk Anggrek


1) dapat menyerap air dan mempertahankan air dengan baik,
2) menjaga kelembapan media dan lingkungan sekitar anggrek,
3) dapat menyerap dan menyimpan pupuk, walapun pemupukan anggrek melalui daun tidak intensif

Contoh Akar Kadaka Siap Pakai

Cara menanam anggrek menggunakan akar kadaka :
1. Potong bagian lempeng kadaka sesuai kebutuhan anggrek utk anggrek bulan biasanya saya memotong untuk menutup bagian akarnya saja.
2. Setelah di potong rebus selama 25menit mendidih untuk menghilangkan getah,telur cacing dan hamanya mati
3. Jemur sampai kering
4. Siapkan papan pakis atau di batang pohon, atau kayu kopi tutup bagian akarnya saja..
5. Semprot dengan larutan kecamba atau alba untuk menghindari tanaman dr stress dan mempercepat pertumbuhan akar yg baru..
6. Lalukan secara rutin pemberian fungsida seminggu sekali untuk menghindari serangan jamur


Karena memiliki sifat yang hampir sama dengan moss spagnum, perlakuan penyiraman media anggrek akar kadaka  juga kurang lebih sama dengan media spagnum.


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "menanam anggrek menggunakan akar kadaka"

  1. Wah terima kasih sudah memberi info yang sangat bermanfaat! Banyak Toko Bunga Online yang menjual berbagai jenis bunga yang unik, saya jadi tertarik ingin beli, tapi masih bingung cara merawatnya. Baca artikel ini saya jadi ada sedikit gambaran. Terima kasih atas penjelasannya. Ditunggu update selanjutnya.

    BalasHapus